Purba, Nurmiani (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING PETA PIKIRAN DENGAN CATATAN TULIS DAN SUSUN PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 21 MEDAN TA. Undergraduate thesis, UNIMED.
05311620 COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
05311620 LMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
05311620 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
05311620 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
05311620 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
05311620 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
05311620 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
05311620 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
05311620 BAB I.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
05311620 BAB V.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
05311620 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Peta Pikiran dengan Catatan Tulis dan Susun pada Materi Pokok Sistem Reproduksi pada Manusia di Kelas XI IPA SMA Negeri 21 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 21 Medan T.P. 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 120 siswa dan sampel penelitian diambil secara purposive sampling dan dibagi atas 2 kelas, dimana kelas XI1 IPA sebagai kelas eksperimen 1 diajar dengan menggunakan Peta Pikiran dan kelas XI2 IPA sebagai kelas eksperimen 2 diajar dengan menggunakan Catatan Tulis dan Susun, masing-masing kelas berjumlah 40 siswa. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa baik data hasil belajar siswa di kelas eksperimen 1 (X1) dan kelas eksperimen 2 (X2) dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Sementara berdasarkan perolehan hasil belajar siswa terlihat adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Peta Pikiran dengan Catatan Tulis dan Susun, dimana rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Peta Pikiran sebesar dengan Standart Deviasi (SD) = 1,257 sedangkan dengan menggunakan Catatan Tulis dan Susun hanya sebesar dan Standart Deviasi (SD) = 1,229. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thitung > ttabel (4,12 > 1,995), yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan teknik pencatatan Peta Pikiran dengan Catatan Tulis dan Susun pada Materi Pokok Sistem Reproduksi pada Manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 21 Medan T.P 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Pur p |
Keywords: | Peta Pikiran; Tulis dan Susun; Ovum |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10228 |