Guntoro, Bambang (2012) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 2 KISARAN SEBAGAI RINTISAN SEKOLAHBERTARAF INTERNASIONAL. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pelaksanaan pembelajaran Biologi di SMA Negeri 2 sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), pemahaman guru biologi SMA N 2 Kisaran terhadap RSBI, perencanaan implementasi pembelajaran biologi di SMA N 2 Kisaran, proses pembelajaran biologi berdasarkan IPKG I dan IPKG II di SMA N2 Kisaran sebagai RSBI, sarana dan prasarana seperti laboratorium biologi dan perpustakaan di SMA N 2 Kisaran sebagai RSBI. Penelitian ini menggunakan penelitian survei dengan sampel penelitian berjumlah 4 guru biologi di SMA Negeri 2 Kisaran.. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kisaran pada tanggal 17 Mei-11 Juni 2012 dengan menyesuaikan jadwal guru biologi masing-masing. Teknik pengumpulan data yaitu angket, observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang memberikan gambaran atau uraian suatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap obyek yang diteliti. Berdasarkan hasil deskripsi data penelitian diketahui bahwa indikator pemahaman RSBI/SBI tergolong cukup. Untuk indikator perencanaan untuk Implementasi pembelajaran biologi tergolong sangat baik. Untuk indikator pelaksanaan pembelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Kisaran sebagai RSBI tergolong sangat baik dengan persentase rata-rata. Minat siswa dalam pelaksanaan pembelajaran Biologi tergolong baik, kesulitan siswa dalam pelajaran Biologi tergolong cukup, motivasi siswa dalam belajar biologi tergolong cukup dengan persentase, persepsi terhadap guru biologi tergolong cukup, persepsi siswa terhadap pelajaran biologi tergolong cukup, persepsi siswa terhadap kegiatan praktikum biologi tergolong sangat baik dan kondisi kesehatan siswa tergolong baik. Untuk persentase rata-rata guru biologi dalam proses pembelajaran bidang studi biologi dengan menggunakan aspek penilaian IPKG I tergolong sangat baik dan IPKG II tergolong sangat baik.Untuk fasilitas sarana prasaran seperti laboratorium biologi kategori cukup baik . Dan perpustakaan di SMA Negeri 2 Kisaran sebagai RSBI tergolong baik.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran biologi di SMA RSBI (SMA Negeri 2 dan SMA Kisaran) telah memenuhi standar isi, kompetensi lulusan, proses dan penilaian SNP serta diperkaya dengan standar pendidikan negara maju. Meskipun belum maksimal ataupun ada yang belum tercapai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Gun a |
Keywords: | Kompetensi Guru; Populasi;Sampel Penelitian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10216 |