Rahmadani, Ika Fajar (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SIBOLANGIT TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408141072 COVER.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
408141072 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
408141072 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
408141072 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
408141072 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
408141072 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
408141072 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
408141072 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
408141072 BAB I.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
408141072 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
408141072 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Mind Map terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Ekosistem di kelas VII SMP Negeri 1 Sibolangit Tahun Pembelajaran 2011/2012. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 3 kelas. Yang menjadi sampel penelitian ada 2 kelas (Kelas VII2 dan VII3) yang diambil secara purposive sampling. Pada kelas pertama pembelajaran diadakan dengan menggunakan model mind map dan kelas kedua pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model konvensional. Sebelum proses belajar mengajar dimulai, terlebih dahulu dilakukan pretes, dan setelah selesai pengajaran dilakukan postes dengan soal yang sama. Uji validitas dari 50 butir soal ada 34 butir soal yang valid. Dengan demikian 30 butir soal yang digunakan sebagai pengumpul data hasil belajar siswa. Data penelitian diolah untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan dengan menggunkan uji statistik t dan hasil penelitian terlebih dahulu diolah untuk mencari rata-rata (X ̅) dan Standar Deviasi (SD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model mind map lebih tinggi daripada pengajaran menggunakan model konvensional. Dimana diperoleh skor pretes dan postes kelas eksperimen adalah X ̅±SD=3,89±0,941 dan X ̅±SD=7,19±1,063. Sedangkan skor pretes dan postes kelas kontrol adalah X ̅±SD=3,59±1,047 dan X ̅±SD=6,07±0,972. Dari pengujianhipotesis diperoleh thitung (3,888)  ttabel (1,992) pada α=0,05.Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran mind map terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Ekosistem di kelas VII SMP Negeri 1 Sibolangit Tahun Pembelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Rah p |
Keywords: | Interaksi; Populasi ;Hipotesis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10191 |