Lubis, Aqmarina (2012) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII A SMP NEGERI 28 MEDANT.P 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408141038 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
408141038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
408141038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
408141038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
408141038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
408141038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408141038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408141038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408141038 BAB I.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
408141038 BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
408141038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual pada materi ekosistem di kelas VIIA SMP Negeri 28 Medan T.P 2011/2012. Metode penelitian bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian adalah kelas yang memiliki masalah tertentu. Kelas yang diteliti terdiri dari 39 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda.Hasil penelitian diperoleh : hasil belajar dari siklus I, rata-rata nilai pretes 59,32 meningkat menjadi 64,65 pada postes. Begitu juga pada siklus II, terjadi peningkatan dari 62,05 menjadi 78,46. Pada penelitian ini diperoleh data kriteria ketuntasan belajar individu dan klasikal, sebagai berikut: sebanyak 32 siswa dari 39 siswa atau 82,05% yang memperoleh nilai di atas 70 atau sama dengan 70 dan 70 siswa lainnya atau sebesar 17,95% memperoleh nilai di bawah 70. Dengan demikian pembelajaran pada penelitian ini dapat dikatakan telah tuntas. Kriteria tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan, yang dibuat berdasarkan tes akhir adalah sebagai berikut: dari 39 siswa terdapat 20,51% siswa yang mempunyai penguasaan sangat tinggi, 28,21% siswa yang mempunyai penguasaan tinggi, 40,15% siswa yang mempunyai penguasaan sedang dan 5,13% siswa yang mempunyai penguasaan rendah. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual pada materi ekosistem di kelas VIIA cenderung mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Lub u |
Keywords: | Rantai Makanan;Penelitian;Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 09:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10180 |