Yudha, Hardi (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BINJAI T.P 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408341021 COVER.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
408341021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
408341021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
408341021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
408341021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
408341021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
408341021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
408341021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
408341021 BAB I.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
408341021 BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
408341021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada materi pokok pencemaran lingkungan dikelas VII SMP Negeri 1 Binjai Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Binjai Tahun Pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 7 kelas yaitu berjumlah 167 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara random sampling dimana kelas VII5 sebagai sampel dengan jumlah siswa 22 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar biologi siswa pada siklus I dikatakan belum tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 64,55 sehingga dilanjutkan ke siklus II yang dikatakan telah tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 80. Persentase tingkat ketuntasan belajar yaitu pada siklus I sebesar 59,09% dan pada siklus II sebesar 100%. Dan aktivitas belajar siswa yang diamati pada saat pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus II dengan perolehan rata-rata nilai keseluruhan 60,67% termasuk kategori penilaian kurang baik, sedangkan aktivitas individual siswa yang diamati pada saat pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II dengan perolehan rata-rata nilai keseluruhan 72% termasuk kategori penilaian cukup baik. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 15,64% dan persentase hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 23,93%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar biologi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada materi pokok pencemaran lingkungan di kelas VII SMP Negeri 1 Binjai tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Yud p |
Keywords: | Penelitian; Populasi; Sampel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10177 |