C, Juwita (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DAN TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA SUB MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 8 MED. Undergraduate thesis, UNIMED.
408341029 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
408341029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
408341029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
408341029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
408341029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
408341029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
408341029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
408341029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
408341029 BAB I.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
408341029 BAB V.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
408341029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan tipe STAD pada sub materi pokok ekosistem di kelas X SMA Negeri 8 Medan tahun pembelajaran 2011/2012. Rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMA N 8 Medan dikarenakan kurang maksimalnya guru dalam melibatkan siswa secara aktif dan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi selama kegiatan belajar mengajar. Untuk itu, perlu adanya inovasi model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan tipe STAD (Student Team Achievement Divisions). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas X yang terbagi atas 4 kelas. Jumlah sampel yaitu 82 siswa diambil secara random yang terdiri dari dua kelas, kelas X2 diajar dengan tipe TAI dan kelas X3 diajar dengan tipe STAD. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang sudah divalidasi terlebih dahulu. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis perbandingan dengan menggunakan rumus uji-t.Berdasarkan analisis data, (mean ± SD) yang diajar dengan tipe TAI yaitu (82,926 ±10,060) dan yang diajar dengan tipe STAD (mean ± SD) yaitu (70,121±10,982). Adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan tersebut, dibuktikan melalui uji hipotesis dengan uji-t dan taraf signifikan α = 0,05 dan diperoleh thitung >ttabel (5,550 > 1,994). Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang menggunakan tipe TAI lebih baik dan efektif dibandingkan dengan tipe STAD pada sub materi pokok ekosistem di kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Juw p |
Keywords: | Hsil Belajar Kognitif; Model kooperatif tipe TAI; Tipe STAD; Ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 09:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10152 |