Aritonang, Meilissa V (2012) PENERAPAN STRATEGI PQ4 (PREVIEW,QUESTION,READ,REFLECT, RECITE,REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM INDERA KELAS XI IPA 2SMA NEGERI 21 MEDAN T.P 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408141087 cover.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
408141087 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408141087 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
408141087 ABSTRAK( INDONESIA & INGGRIS).pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
408141087 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
408141087 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
408141087 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408141087 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
408141087 BAB I.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
408141087 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
408141087 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
408141087 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, ketuntasan belajar siswa dan aktivitas siswa melalui penerapan strategi PQ4R pada materi pokok sistem indera di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 21 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 21 Medan. Sampel yang digunakan adalah satu kelas diambil secara random yaitu kelas XI IPA 2 yang terdiri dari 31 siswa. Instrument yang digunakan berupa tes tertulis berbentuk pilihan berganda. Sebelum tes diberikan kepada siswa terlebih dahulu diuji kelayakannya diluar sampel yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya beda soal. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa nilai rata-rata pre-test hasil belajar 43,87 dan nilai rata-rata pos-test 72,42. Dari 31 siswa terdapat 1 siswa (3,23%) dengan tingkat penguasaan sangat tinggi, 9 siswa (29%) tingkat penguasaan tinggi, 15 siswa (48,40%) tingkat penguasaan sedang dan 6 siswa (19,35%) dengan tingkat pengua saan rendah. Untuk ketuntasan belajar, ada 9 siswa yang belum tuntas (29%) dan 22 siswa (71%) yang tuntas. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan I adalah 45,51 dan pertemuan II 76,15. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan strategi PQ4R pada materi pokok sistem indera di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 21 Medan tahun pembelajaran 2011/2012 memberikan hasil yang baik.  
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Ari p |
Keywords: | Populasi; Variabel; Sampel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10148 |