Hasibuan, Epi Listiana (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI IPA SMA N 3 PANYABUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011 / 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 408141059 cover.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2 408141059 lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
3 408141059 kata pengantar.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
4 . 408141059 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
5 408141059 daftar isi.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
6 408141059 daftar tabel.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
7 408141059 daftar gambar.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
9 408141059 daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
10. 408141059 BAB I.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
11 . 408141059 BAB V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
UNIMED-Undergraduate-22589-9. DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
13 408141059 riwayat hidup.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran biologi dengan model pembelajaran kooperatif tipe role playing di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Panyabungan Tahun Pembelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan pada April - Mei 2012.Metode penelitian mengikuti kaidah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Panyabungan yang berjumlah 39 orang. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Pada setiap siklus diadakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 butir soal.Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 53,33 dan nilai ketuntasan belajar klasikal 76,92% (tidak tuntas). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 75,13 dan nilai ketuntasan klasikal 79,49% (tuntas). Jadi, terjadi peningkatan hasil belajar biologi siswa sebesar 21,8%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 68,59% dan pada siklus II 81,59%. Jadi, terjadi peningkatan aktivitas siswa sebesar 13%. Model pembelajaran kooperatif tipe role playing dapat meningkatkan hasil belajar biologi dan aktivitas siswa di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Panyabungan Tahun Pembelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Has m |
Keywords: | Objek; Prosudur; Rancangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 06:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10145 |