Nasution, Letmillialusi Sabila (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE EKSPOSITORI BERBASIS PETA PIKIRAN DENGAN BERBASIS PETA KONSEP PADA SUB MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IA SMA NEGERI I KISARAN TP 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408341032 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
408341032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
408341032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
408341032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
408341032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
408341032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
408341032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408341032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408341032 BAB I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
408341032 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
408341032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kisaran ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ekspositori berbasis peta pikiran dengan berbasis peta konsep. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IA SMA Negeri 1 Kisaran yaitu sebanyak enam kelas dengan rata-rata jumlah siswa 42 orang. Sampel penelitian diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu Kelas Eksperimen I dan Kelas Eksperimen II masing-masing sebanyak 42 siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes, yaitu untuk soal pretes dan postes masing-masing sebanyak 25 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel. Sebelum pengujian hipótesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen.Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode ekspositori berbasis peta pikiran lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ekspositori berbasis peta konsep dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,541 > 1,667 pada taraf . Hasil belajar siswa kelas Eksperimen I diperoleh rata-rata pretes sebesar 74,476 dan rata-rata postes sebesar 87,714. Sedangkan hasil belajar siswa kelas Eksperimen II diperoleh rata-rata pretes sebesar 62,381 dan rata-rata postes sebesar 85,714.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Nas p |
Keywords: | Populasi; sampel; instrumen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10141 |