Jayati, Rizki (2012) PELAKSANAAN DIE (URAIAN, INTERPRETASI DANEVALUASI) BELAJAR TEKNIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWAS DAN KEGIATAN DI TOPIK EKOSISTEMAT VII GRADE OF SMPN 1 TEBING TINGGIAKADEMIK TAHUN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
081244410028 COVER.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
081244410028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
081244410028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
081244410028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
081244410028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
081244410028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
081244410028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
081244410028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
081244410028 BAB I.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
081244410028 BAB V.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
081244410028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas siswa melalui penerapan teknik pembelajaran DIE. Teknik pembelajaran ini meningkatkan fleksibelitas siswa dalam berpikir kognitif dan aktivitas siswa dalam proses belajar. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas VII-2 SMPN 1 Tebing Tinggi Tahun ajaran2011/2012 sebanyak 25 orang.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrument penelitian ini adalah tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa, dan observasi untuk mengetahui aktivitas siswa. Kemudian data dianalisis untuk mengukur peningkatan prestasi siswa. Indikator keberhasilan pembelajaran ini adalah (1) Kriteria ketuntasan minimal dan (2) Ketuntasan klasikal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa meningkat pada setiap siklus. Rata-rata kelas dari prestasi belajar siswa pada pretes adalah 57,3 meningkat secara bertahap menjadi 68,3 pada siklus 1, menjadi 75,6 pada siklus 2 dan meningkat menjadi 87,7 pada siklus 3. Prestasi belajar siswa secara klasikal juga meningkat dari 8% (2 orang yang tuntas) menjadi 40% (10 orang) pada siklus 1, 68% (17 orang) pada siklus 2 dan 88% (22 orang ) pada siklus 3. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 53,9 pada siklus pertama menjadi 76,3% pada siklus kedua dan menjadi 87,8% pada siklus 3. Dapat disimpulkan bahwasannya pembelajaran dengan menerapkan teknik pembelajaran DIE dapat meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas siswa pada topik pelajaran ekosistem di kelas VII-2 SMPN 1Tebing Tinggi Tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Jay i |
Keywords: | Research; Analysis; Success |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 06:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10135 |