Nasution, Risky Ira Silvia (2012) PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KALOR DI SMP NEGERI 4 BINJAI KELAS VII SEMESTER GENAP T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244220042 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
071244220042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
071244220042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
071244220042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
071244220042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
071244220042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
071244220042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
071244220042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
071244220042 BAB I.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
071244220042 BAB V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
071244220042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan model Konvensionalterhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Kalor di kelas VII semester genap SMP 4 Binjai T.P 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Binjai yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 215 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara cluster random sampling terdiri dari dua kelas yaitukelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 4 pilihan jawaban. Uji normalitas kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1103, Ltabel = 0,1610, dan kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1264 , Ltabel = 0,1610, Lhitung< Ltabel, maka dikatakan data berdistribusi normal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes untuk kelas eksperimen 42,33 dengan standar deviasi 10,65 dan nilai rata-rata pretes untuk kelas kontrol 40,5 dengan standar deviasi 11,17. Dari hasil uji kemampuan awal dengan uji t dua pihak nilai kedua sampel diperoleh thitung=0,650pada taraf signifikan α=0.05 dan dk=58 dan harga ttabel=1,671,thitung<ttabelyaitu0,650< 1,671 maka dapat disimpulkan kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberi perlakuan, untuk kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan kelas kontrol dengan model konvensional. Setelah pelajaran berakhir, dilakukan postes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 81,33 dengan standar deviasi 8,60 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 76,33 dengan standar deviasi 8,99. Hasil uji statistik dilakukan uji t satu pihak diperoleh harga thitung=2,200 pada taraf signifikan α=0.05 dan dk=58 dan harga ttabel=1,661,thitung>ttabelyaitu2,200> 1,661, sehingga dapat disimpulkanbahwa ada perbedaan pengaruh dari modelpembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan model Konvensionalterhadap hasil belajar siswa pada materi pokokKalor di kelas VII SMP Negeri 4 Binjai T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Na sp |
Keywords: | Taksonomi; Validitas; Penelitian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 05:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10095 |