Saragih, Agust Ridhoi (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN INTEGRASI KARAKTER TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERSAMAAN KEADAAN GAS IDEAL DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KECAMATAN BINJAI KABUPATEN LANGKAT T.A. 20. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121024 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
408121024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
408121024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
408121024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
408121024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
408121024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408121024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
408121024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
408121024 BAB I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
408121024 BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
408121024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Solving dengan integrasi karakter terhadap peningkatan hasil belajar fisika pada materi pokok Persamaan Keadaan Gas Ideal di kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat T.P. 2011/2012Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Binjai T.A.2011/2012 yang berjumlah 5 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA 3 yang terdiri dari 41 siswa sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Solving dengan integrasi karakter dan kelas XI IPA 2 yang terdiri dari 41 siswa sebagai kelas kontrol dengan model Problem Solving tanpa integrasi karakter. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah dinyatakan valid oleh dua orang dosen dan 1 orang guru bidang studi. Instrumen yang kedua berupa lembar observasi untuk melihat karakter yang tampak selama proses pembelajaran. Untuk menguji hipotesis dilakukan dengan analisis varians 2×2 (dua jalur).Dari analisa data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen 34,88 pada kelas kontrol sebesar 33,66. Kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 73,66 dan 65,85. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis varian 2×2 pada taraf signifikansi α = 0,05, diperoleh Fhitung = 13,09 dan Ftabel = 3,96. Fhitung > Ftabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Solving dengan integrasi karakter terhadap peningkatan hasil belajar fisika pada materi pokok Persamaan Keadaan Gas Ideal di kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat T.P. 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Sar p |
Keywords: | Normalitas; Observasi; Analisa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10081 |