Sihotang, Lamtiur D. (2012) PENGARUH PENGUATAN (REINFORCEMENT) DAN JENIS PERTANYAAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131066 COVER.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
408131066 LEMBAR PENEGSAHAN.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
408131066 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
408131066 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
408131066 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
408131066 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
408131066 DAFTAR GAMBAR'.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
408131066 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
408131066 BAB I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
408131066 BAB V.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
408131066 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
408131066 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis penguatan (reinforcement), jenis pertanyaan dan interaksi antara penguatan dan jenis pertnyaan terhadap hasil belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Pematangsiantar yakni sebanyak 10 kelas. Sampel sebanyak 10 orang dalam setiap kelas diambil dari 4 kelas yang telah dipilih secara acak. Kemudian menetapkan siswa yang relatif homogen statusnya dari setiap kelas sampel. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian 2 x 2. Ada dua faktor yang diujicobakan yaitu faktor A : penguatan dan terdiri dari dua taraf yaitu A1 = verbal A2 = nonverbal, faktor B : jenis pertanyaan yang terdiri dari ada 2 taraf yaitu B1= retoris dan B2 = menggali. Dari pengujian hipotesis diperoleh F hitung (A) > F (0,05)(1,36) dimana 24,359 > 4,11 maka H01.1 ditolak dan H1.1 diterima artinya ada pengaruh penguatan terhadap hasil belajar kimia siswa. F hitung (B) > F (0,05)(1,36) dimana 24,359 > 4,11 maka H01.2 ditolak dan H1.2 diterima artinya ada pengaruh jenis pertnyaan terhadap hasil belajar kimia siswa. F hitung (AB) > F (0,05)(1,36) dimana 3,603 > 4,11 maka H01.3 diterima dan H1.3 ditolak artinya tidak ada pengaruh penguatan terhadap hasil belajar kimia siswa.Pembelajaran dengan pemberian penguatan verbal dan pertanyaan retoris dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa sebesar 43,68% , Pembelajaran dengan pemberian penguatan verbal dan pertanyaan menggali dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa sebesar 68,61%, Pembelajaran dengan pemberian penguatan nonverbal dan pertanyaan retoris dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa sebesar 64,06%, sedangkan pembelajaran dengan pemberian penguatan nonverbal dan pertanyaan menggali dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa sebesar 74,32%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Sih p |
Keywords: | Reinforcement; Hasil Belajar; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10059 |