Pasaribu, Yenni Fradiktha W (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BUNYI DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 LUBUK PAKAM T.P 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244220002 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
071244220002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
071244220002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
071244220002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
071244220002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
071244220002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
071244220002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
071244220002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
071244220002 BAB I.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
071244220002 BAB V.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
071244220002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran elaborasi terhadap hasil belajar pada materi pokok bunyi di kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Lubuk Pakam T.P. 2011/2012 dan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran elaborasi.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi exsperiment, sebagai populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Pakam T.P 2011/2012. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cluster random sampling untuk 2 kelas yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal dengan 4 pilihan jawaban. Berdasarkan analisis data pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai pretes 31,56 dengan standart deviasi 11,74 dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai pretes 30,22 dengan standart deviasi 11,44. Uji normalitas pretes kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,1071, Ltabel= 0,1616, dan kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1550 , Ltabel 0,1616 , Lhitung< Ltabel, maka dikatakan data berdistribusi normal. Pada uji homogenitas pretes diperoleh Fhitung = 1,05 dan Ftabel = 1,90 sehingga Fhitung< Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok homogen.Hasil uji beda pretes nilai kedua kelas untuk taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,446 dan ttabel = 1,840, sehingga thitung< ttabel, maka H0 diterima artinya kemampuan awal kedua sampel adalah sama. Diberikan perlakuan yang berbeda dengan model pembelajaran Elaborasi untuk kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional untuk kelas kontrol. Di akhir perlakuan berupa pembelajaran diberikan postes dan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 76,44 dengan standar deviasi 11,97 dan rata-rata kelas kontrol 71,33 dengan standar deviasi 11,76. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t. Dari uji t kedua sample diperoleh thitung = 1,669 pada taraf signifikan α = 0.05 dan dk = 78 dan harga ttabel = 1.590. Diperoleh thitung> ttabel atau 1,669 >1,590, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari Model Pembelajaran Elaborasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok bunyi di kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Lubuk Pakam T.P.2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Pas p |
Keywords: | Elaborasi; Nilai; Data |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10053 |