Bahri, Yulina (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 071244320047 COVER .pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2 071244320047 lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
3 071244320047 KATA P[ENGANTAR .pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4 071244320047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
5 071244320047 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6 071244320047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7 071244320047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9 071244320047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
10 071244320047 BAB I.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
11 071244320047 BAB V.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
12 071244320047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
13 071244320047 RIWAYAT HID.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terintegrasi pendidikan karakter lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model tersebut pada pokok bahasan ikatan kimia serta untuk mengetahui adanya hubungan nilai karakter dengan nilai hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh subjek siswa kelas X di SMA Negeri 1 Blangkejeren. Dimana jumlah populasi kelas X di SMA Negeri 1 Blangkejeren adalah sebanyak 7 kelas dengan rata-rata jumlah per kelas adalah 36 siswa,sehingga jumlah total populasi penelitian ini sebanyak 252 orang siswa. dengan pengambilan sampel penelitian secara teknik random sampel diperoleh 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terintegrasi pendidikan karakter dan pada kelas kontrol diberi pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Berdasarkan nilai rata-rata post-tes siswa kelas ekperimen adalah (75,69 + 10,70) dan rata-rata post-tes siswa kelas kontrol adalah (71,39 + 10,11). Hasil pengujian hipotesis, diperoleh thitung > ttabel dengan menggunakan uji t pihak kanan yaitu 1,754 > 1,668 pada taraf signifikan α = 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima, dimana Ha= Hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajarn kooperatif tipe jigsaw terintegrasi pendidikan karakter lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model tersebut pada pokok bahasan ikatan kimia. Berdasarkan uji linieritas regresi untuk nilai hasil belajar siswa dengan nilai karakter siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka diperoleh hubungan yang linier dan signifikan. Hal ini dapat dilihat dari Fhitung > Ftabel pada α = 0,05. Berdasarkan analisis korelasi untuk nilai hasil belajar dengan nilai pendidikan karakter pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh rhitung > rtabel pada α = 0,05 sehingga dapat dinyatakan ada kolerasi positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Bah p |
Keywords: | Populasi; Instrumen; Penelitian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 02:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10047 |