Sitompul, Hamela Sari (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244320018 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
071244320018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
071244320018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
071244320018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
071244320018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
071244320018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
071244320018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
071244320018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
071244320018 BAB V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
071244320018 BAB I.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
071244320018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran learning cycle terintegrasi pendidikan karakter memberikan pengaruh lebih tinggi terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Lubuk Pakam yang terdiri atas 3 kelas. Pengambilan sampel penelitian diambil secara purposif yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi pembelajaran learning cycle terintegrasi pendidikan karakter dan pada kelas kontrol diberi pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa baik data hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Berdasarkan data gain ternormalisasi, besar peningkatan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran learning cycle terintegrasi pendidikan karakter adalah 70% dan peningkatan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran konvensional adalah 54%. Besarnya perbedaan peningkatan hasil belajar kimia siswa adalah 16%. Hasil pengujian hipotesis, diperoleh thitung > ttabel dengan menggunakan uji t pihak kanan yaitu 5,56> 1,6671 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima, dimana Ha = Hasil belajar siswa dengan pengajaran menggunakan model pembelajaran learning cycleterintegrasi pendidikan karakter lebih baik dari pada pengajaran konvensional terintegrasi pendidikan karakter. Hubungan nilai hasil belajar siswa dengan nilai karakter siswa pada model pembelajaran learning cycle terintegrasi pendidikan karakter ada korelasi positif dan signifikan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rhit>rtabel¬ pada α = 0,05 dan juga dapat dilihat dari nilai karakter siswa yang tinggi dan nilai hasil belajar siswa juga tinggi. Berbeda dengan pembelajaran konvensional yang nilai hasil belajar dengan nilai karakter siswa rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Sit p |
Keywords: | Learning Cycle; Hasil Belajar; Siswa; Kesetimbangan Kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10037 |