Siagian; Wenni Asprida (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN BANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN PADA MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131099 COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
408131099 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
408131099 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
408131099 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
408131099 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
408131099 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
408131099 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
408131099 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
408131099 BAB I.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
408131099 BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
408131099 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
408131099 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan bantuan macromedia flash terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yang diambil secara purposive sampling dimana kelas ekperimen dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan bantuan macromedia flash dan kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes objektif 18 soal dari 30 soal yang telah diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal serta lembar observasi untuk penilaian aktivitas belajar siswa. Data peningkatan hasil belajar dianalisis dengan uji t (uji pihak kanan) pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil uji t, thitung > ttabel (19,20 > 1,69) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan bantuan macromedia flash berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas XI pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol, yaitu 58,68 > 42,51. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen adalah 43% dan kelas kontrol adalah 28%. Perbedaan peningkatan hasil belajar kedua kelas sebesar 15%. Hasil uji korelasi diperoleh nilai rxy=0,1252 yang menunjukkan hubungan antara aktivitas dengan peningkatan hasil belajar kimia siswa adalah sangat rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Sia p |
Keywords: | Jigsaw; Macromedia Flash; Hasil Belajar; Siswa; Kelarutan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10030 |