Ginting, Kristina M. (2012) PENGARUH PENDEKATAN KONTRUKTIVISME DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131065 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
408131065 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
408131065 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
408131065 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
408131065 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
408131065 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
408131065 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
408131065 BAB I.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
408131065 BAB V.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
408131065 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Pengaruh pendekatan kontruktivisme dan model pembelajaran TAI dengan pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XII SMA Katolik Serdang Murni Lubuk Pakam dengan melakukan pengajaran menggunakan pendekatan kontruktivisme dan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dan pendekatan kontruktivisme tanpa model pembelajaran TAI. Pengaruh pendekatan kontruktivisme dengan model pembelajaran TAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa dapat diketahui dari kemampuan siswa setelah mengerjakan soal pretest dan posttest kelarutan dan hasil kali kelarutan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme dan model pembelajaran TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakkan pendekatan kontruktivisme dengan model pembelajaran TAI (18%) lebih tinggi dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan kontruktivisme tanpa model pemebelajaran TAI (15%). Analisis statistik menunjukkan bahwa Ha diterima berarti Ho ditolak. Dengan melihat keberhasilan pengajaran menggunakan pendekatan kontruktivisme dengan model pembelajaran TAI dalam pelajaran kelarutan dan hasil kali kelarutan, maka perlu diperhatikan untuk aplikasi pendekatan dan model ini dalam pengajaran materi kimia lain atau untuk pengajaran materi pelajaran bidang studi lain diluar pelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Gin p |
Keywords: | Pendekatan Kontruktivisme; TAI; Hasil Belajar; Siswa; Kelarutan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10026 |