Habeahan, Hernawati (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE-UP TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR DI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244310105 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
071244310105 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
071244310105 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
071244310105 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
071244310105 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
071244310105 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
071244310105 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
071244310105 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
071244310105 BAB I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
071244310105 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
071244310105 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
071244310105 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran melalui Strategi Pembelajaran FIRE-UP dapat memberikan pengaruh lebih tinggi terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa dibandingkan pembelajaran konvensional.Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Tanjungmorawa T.A. 2012/2013.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjungmorawa yang terdiri dari 7 kelas.Dari populasi ditetapkan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan Kelas kontrol.Pada kelas eksperimen diberikan pembelajaran FIRE-UP dan pada kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional.Hasil data post-tes menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 81,200 ± 7,625 sedangkan pada kelas Kontrol diperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 69,733 ± 7,776. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung= 5,758 dan pada taraf singnifikansi α = 0,05 dengan dk = 58 diperoleh ttabel = 1,659. Karena thitung > ttabel maka thitung berada pada daerah penerimaan Ha. Hal iniberarti bahwa pembelajaran melalui Strategi Pembelajaran FIRE-UP lebih tinggi daripada pembelajaran melalui metode konvensional. Pembelajaran melalui Strategi Pembelajaran FIRE-UP dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa sebesar 14,12 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Populasi; Instrumen; Prosudur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10003 |