PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIK MELALUI PENDEKATAN CTL DI SMP SWASTA PARULIAN 1 MEDAN

Sarumaha, Antonius (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIK MELALUI PENDEKATAN CTL DI SMP SWASTA PARULIAN 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Cover Tesis.pdf]
Preview
Text
1. Cover Tesis.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 7. Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan penalaran dan koneksi matematis siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan CTL dengan pembelajaran biasa, (2) melihat adakah interaksi antara pendekatan pembelajaran yang digunakan dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan penalaran dan koneksi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Parulian 1 Medan. Sampel penelitian diambil dari seluruh siswa kelas IX SMPS Swasta Parulian 1 Medan sebanyak 88 orang, kelas IX-1 sebanyak 44 orang (kelas eksperimen) dan kelas IX-2 sebanyak 44 orang (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan adalah (1) tes kemampuan penalaran matematis, (2) tes kemampuan koneksi matematis. Instrumen penelitian tersebut dinyatakan telah memenuhi validitas isi serta koefisien reliabilitas tes kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 0,904 dan koefisien reliabilitas tes kemampuan koneksi matematis siswa sebesar 0,799. Sedangkan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (2) Lembar Kerja Siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis inferensial uji Anava Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata N-Gain kemampuan penalaran matematis antara siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan CTL (0,603) lebih tinggi dari rata-rata N-Gain pembelajaran biasa (0,55), (2) semakin tinggi level kemampuan awal matematika siswa maka semakin baik pula N-Gain kemampuan penalaran matematis siswa yaitu level tinggi (0,772), level sedang (0,597) dan level rendah (0,483), (3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa, (4) rata-rata N-Gain kemampuan koneksi matematis antara siswa yang pembelajarannya pendekatan CTL (0,62) lebih tinggi dari rata-rata N-Gain pembelajaran biasa (0,51), (5) semakin tinggi level kemampuan awal matematika maka semakin baik pula N-Gain kemampuan koneksi matematis siswa yaitu level tinggi (0,845), level sedang (0,609) dan level rendah (0,454), (6) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar pendekatan CTL dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan koneksi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Sar p
Keywords: Kemampuan penalaran matematis siswa; Kemampuan koneksi matematis siswa; Pendekatan CTL; Pembelajaran biasa; Kemampuan awal matematika siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Jul 2016 02:39
Last Modified: 29 Jul 2016 02:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8159

Actions (login required)

View Item
View Item