IMPLEMENTASI MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN AJAR 2022/2023

LIMBONG, ROHANI (2022) IMPLEMENTASI MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN AJAR 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7182142024 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7182142024 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7182142024 APPROVAL SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7182142024 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (865kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7182142024 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7182142024 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7182142024 PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7182142024 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7182142024 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7182142024 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7182142024 TABLES.pdf.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7182142024 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7182142024 ILLUSTRATION.pdf.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7182142024 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7182142024 APPENDICES.pdf.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7182142024 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7182142024 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7182142024 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7182142024 CHAPTER V.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7182142024 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7182142024 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7182142024 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview

Abstract

Rohani Limbong NIM: 7182142024. Implementasi Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI di SMK Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan 2022.
Permasalah dalam penelitian ini adalah rendah nya pemahaman konsep siswa dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Negeri 6 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas XI AK SMK Negeri 6 Medan dengan menerapkan Model Learning Cycle 5E.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan, Jl Jambi No. 23D, Pandau Hilir, Kec.Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL 3 dengan jumlah siswa 34 siswa dan objek penelitian ini adalah Penerapan Model Learning Cycle 5E. Pembelajaran dengan upaya meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar akuntansi siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan Kelas dan dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk melihat pemahaman konsep siswa dan soal tes akuntansi untuk melihat hasil belajar akuntansi siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian diperoleh pada siklus I jumlah hasil pemahaman konsep siswa yang mendapat skor ≥16 belum mencapai 80% dengan rata-rata nilai 44% dan jumlah hasil belajar yang memperoleh nilai ≥70 belum mencapai 80% dengan rata-rata 50% sehingga dilanjutkan ke siklus II. Siklus ke II diperoleh hasil pemahaman konsep siswa yang mendapat nilai ≥16 sudah mencapai 80% dengan rata-rata nilai 82,35% dan jumlah hasil belajar yang memperoleh nilai ≥70 sudah mencapai 80% dengan rata-rata 82,35% sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Learning Cycle 5E dapat meningkatkan pemahaman Konsep dan Hasil belajar Akuntansi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pemahaman Konsep, Hasil Belajar, Model Learning Cycle 5E.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 17 Jan 2023 07:46
Last Modified: 17 Jan 2023 07:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50090

Actions (login required)

View Item
View Item