PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 2 SIDIKALANG

Girsang, Ira Gita (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 2 SIDIKALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4172111031 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4172111031 COVER.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4172111031 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4172111031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4172111031 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4172111031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4172111031 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4172111031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4172111031 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4172111031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4172111031 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4172111031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4172111031 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4172111031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4172111031 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4172111031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian penelitian ini adalah untuk menemukan bahan ajar interaktif berbasis quantum learning yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa secara praktis, valid, dan efektif berbasis quantum learning pada materi persamaan linear dua variable. Penelitian ini juga bertujuan untuk memperhatikan perubahan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan setelah belajar menggunakan bahan ajar interaktif yang peneliti kembangka. Setelah dilihat perubahannya, terlihat ketuntasan klasikal siswa dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan SPLDV meningkat. Setelah penelitian dan pengembangan dilakukan, kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis meningkat yang tampak dari hasil ¬pretest dan pos-test. Hasil utama penelitian dan pengembangan ini yaitu bahan ajar interaktif berbasis quantum learning yang praktis, valid dan efektif. Bahan ajar yang dibuat dan dikembangkan valid setelah dilakukan proses validasi kepad dosen ahli dan praktis setelah diuji cobakan kepada guru dan siswa, berdasarkan angket respon guru dan siswa, bahan ajar interaktif yang dikembangkan memperoleh kategori kepraktisan yag ditentukan. Berdasarkan ketuntasan klasikal siswa yang mencapai bahan ajar interaktif dikatakan efektif karena memenuhi ketentuan yang ditentukan sebelumnya yaitu 86,67% pda uji coba I dan mencapai 93,33% pada uji coba II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 095
Keywords: Bahan ajar interaktif; Quantum learning; Pemecahan masalah matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Dec 2022 07:14
Last Modified: 13 Dec 2022 07:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49540

Actions (login required)

View Item
View Item