PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Tumanggor, Yohana Adriana (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173111084 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173111084 COVER.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173111084 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173111084 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173111084 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173111084 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173111084 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173111084 PREFACE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173111084 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173111084 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173111084 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173111084 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173111084 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173111084 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173111084 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173111084 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam penerapan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini termasuk ke dalam kategori eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMA Negeri 1 Parlilitan Tahun Ajaran 2020/2021 dengan sampel kelas XI MIA – 1 sebanyak 35 orang. Penelitian ini menggunakan dua jenis instrumen, yaitu angket dan tes. Instrumen angket digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa yang terdiri dari 24 butir pertanyaan, sedangkan instrumen tes digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang terdiri dari 3 soal pemecahan masalah. Berdasarkan data angket didapat rata – rata motivasi belajar siswa adalah 65,21 dan berada pada kategori sedang, sedangkan rata – rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah 76,2 dan berada pada kategori sedang.
Dengan menggunakan perhitungan uji hipotesis, diperoleh t_hitung = 4,183 dan t_tabel = 1,692 pada taraf nyata α=0.05, sehingga t_hitung> t_tabel. Selanjutnya diperoleh nilai koefisien determinasi adalah sebesar 34,6%. Hasil uji hipotesis menolak H0¬ dan menerima H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam penerapan model pembelajaran problem based learning di SMA Negeri 1 Parlilitan, yaitu sebesar 34,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 169
Keywords: Motivasi belajar; Pemecahan masalah matematika; Problem based learning; Barisan; Deret; Aritmatika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Jul 2022 09:11
Last Modified: 21 Jul 2022 09:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46625

Actions (login required)

View Item
View Item