PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS EDMODO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI I SMK SWASTA PRAYATNA-1 MEDAN T.P 2020/2021.

SERURI, KHARANI (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS EDMODO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI I SMK SWASTA PRAYATNA-1 MEDAN T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7171142015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7171142015 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7171142015 APPROPPAL.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7171142015 APPROPPAL.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7171142015 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7171142015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7171142015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7171142015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7171142015 TEBLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7171142015 TEBLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7171142015 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7171142015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7171142015 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7171142015 TABLES.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7171142015 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7171142015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7171142015 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7171142015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7171142015 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7171142015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7171142015 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7171142015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Swasta Prayatna-1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akuntansi jika diterapkan model pembelajaran Blended Learning berbasis Edmodo dikelas X Akuntansi SMK Swasta Prayatna-1 Medan Tahun Pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Prayatna-1 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 1 yang berjumlah 23 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan menggunakan tes. Teknik analisis data adalah dengan deskriptif kuantitatif.
Dari data hasil tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 15 orang dari 23 orang yang mendapatkan nilai ≥ 70 atau sebesar (65,21%), dan 8 siswa mendapat nilai ≤ 70 atau sebesar (34,78%), dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77,39. Pada siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 sebanyak 20 orang (86,95%) dan siswa yang memperoleh nilai ≤ 70 sebesar 3 siswa (13,04%) dengan nilai rata-rata 87,17. Karena hasil belajar akuntansi siswa pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan, maka penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Blended Learning berbasis Edmodo dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi pada Standar Kompetensi Laporan Keuangan di SMK Swasta Prayatna-1 Medan Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Blended Learning, Berbasis Edmodo, dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 02 Jun 2022 05:03
Last Modified: 02 Jun 2022 05:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45942

Actions (login required)

View Item
View Item