PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Manurung, Debora R. (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173121008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173121008 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173121008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173121008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173121008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173121008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173121008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173121008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173121008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173121008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173121008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173121008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173121008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173121008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173121008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173121008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi usaha dan energi yang layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Lumbanjulu berjumlah 35 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan 4D Models. Hasil penelitian ini adalah telah dihasilkan LKPD berbasis pendekatan saintifik yang valid digunakan sebagai media pembelajaran ditinjau dari validasi ahli materi dengan pesentasi 89% dan ahli pembelajaran sebesar 86%. Respon siswa pada uji coba kelompok kecil dengan melibatkan 6 responden sebesar 93%, sedangkan uji kelompok besar dengan melibatkan 35 responden sebesar 91% dan respon guru melibatkan 3 responden memperoleh persentasi 94%. Berdasarkan perhitungan nilai gain, LKPD berbasis pendekatan saintifik termasuk dalam kategori sedang untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa dengan nilai 0,67. Dengan demikian disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 FIS 127
Keywords: Pendekatan saintifik; Keterampilan proses sains; Perangkat pembelajaran; Lembar kerja peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 18 Nov 2021 06:43
Last Modified: 18 Nov 2021 06:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43804

Actions (login required)

View Item
View Item