PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SIKAP POSITIF MATEMATIS SISWA MTS

Masitah (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SIKAP POSITIF MATEMATIS SISWA MTS. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106171029 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106171029 Judul.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106171029 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106171029 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (666kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106171029 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106171029 Abstrak.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106171029 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8106171029 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106171029 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106171029 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106171029 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8106171029 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106171029 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8106171029 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106171029 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8106171029 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8106171029 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8106171029 Bab I.pdf - Published Version

Download (899kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8106171029 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8106171029 Bab V.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8106171029 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8106171029 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ; 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran koopertif tipe STAD dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung ; 2) Peningkatan sikap positif matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung ; 3) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki sikap positif matematis tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki sikap positif matematis rendah; 4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan sikap positif matematis siswa ( tinggi, rendah ) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; 5) Proses jawaban yang dikerjakan siswa dalam menyelesaikan masalah melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran langsung.Penelitian ini dikategorikan ke dalam penelitian eksperimen semu ( quasi experiment ). Populasi penelitian ini seluruh siswa MTs Negeri yang ada di Labuhanbatu yang berakreditasi A dan B yaitu terdiri dari 8 sekolah, 4 sekolah berakreditasi A dan 4 sekolah berakreditasi B. Sampel penelitian ini dipilih secara random terpilih 2 sekolah yaitu MTs Negeri 1 Rantauprapat berakreditasi A dan MTs Negeri 2 Rantauprapat berakreditasi B . Data dinalisis dengan menggunakan Anava dua jalur .Hasil penelitian menunjukkan : (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran koopertif tipe STAD lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung (0,000 < 0,05) , (2) Peningkatan sikap positif matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD lebih baik dibandingkan siswa yang dibelajaran dengan pembelajaran langsung (0,000 < 0,05), (3) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki sikap positif matematis tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki sikap positif matematis rendah (0,000 < 0,05),(4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan sikap positif matematis siswa ( tinggi, rendah ) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (0,003 < 0,05) (5) Proses jawaban yang dikerjakan siswa dalam menyelesaikan masalah melalui pembelajaran kooperatif Tipe STAD lebih baik dari proses jawaban yang dikerjakan siswa pada pembelajaran langsung. Saran selanjutnya diharapkan kepada guru, lembaga terkait dan peneliti selanjutnya adalah agar pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran matematika menekankan pada kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap positif matemaris, dan menjadikan pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai salah satu alternatife untuk pembelajaran matematika pada pokok bahasan yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 516.220 712 Mas p
Keywords: Pembelajaran langsung; Teorema pythagoras; Sikap matematis; Pemecahan masalah; Pembelajara kooperatif
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 09 May 2016 22:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4186

Actions (login required)

View Item
View Item