PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ASESMEN KINERJA INOVATIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

WULANDARI, FEBIANA (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ASESMEN KINERJA INOVATIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176142010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176142010 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176142010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176142010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (597kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176142010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176142010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176142010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176142010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176142010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176142010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176142010TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176142010TABLE.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176142010 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176142010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176142010 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176142010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8176142010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8176142010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176142010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176142010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8176142010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8176142010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar untuk mata kuliah evaluasi dan penilaian hasil belajar pada materi asesmen kinerja sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) di program studi Pendidikan Kimia, mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar inovatif berbasis multimedia dengan peningkatan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan buku pegangan mahasiswa pada materi asesmen kinerja di Universitas Negeri Medan serta melihat respon mahasiswa terhadap bahan asesmen kinerja inovatif berbasis multimedia. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) dengan model Borg dan Gall. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Kimia yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II masing-masing sebanyak 24 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar uji kelayakan bahan ajar berdasarkan SNPT, tes hasil belajar mahasiswa yang dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test pada program SPSS 22.0 for windows dsn angket respon mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil validasi bahan ajar asesmen kinerja inovatif berbasis multimedia menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3,75 artinya valid dan tidak perlu revisi; (2) Data hasil belajar dianalisis dengan uji t pihak kanan dengan menggunakan teknik Independent Sample T-test diperoleh bahwa signifikansi < α (0,02 < 0,05) artinya Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan bahan ajar asesmen kinerja inovatif berbasis multimedia dengan mahasiswa yang menggunakan bahan ajar yang ada di Universitas; (3) Respon mahasiswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan diperoleh persentase sebesar 90,10 % dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.072 Wul p
Keywords: asesmen kinerja; inovasi bahan ajar; penelitian dan pengembangan; multimedia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 04 Aug 2020 17:22
Last Modified: 10 Aug 2020 07:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40020

Actions (login required)

View Item
View Item