Pengaruh Model Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Geografi Di SMA N 2 Percut Sei Tuan

Sinaga, Zullen Van Voy (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Geografi Di SMA N 2 Percut Sei Tuan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8176122027 cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8176122027 cover.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8176122027 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8176122027 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8176122027 ABSTRAK .pdf]
Preview
Text
3. NIM 8176122027 ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8176122027 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8176122027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8176122027 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8176122027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8176122027 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8176122027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8176122027 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8176122027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8176122027BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8176122027BAB I.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8176122027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8176122027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 1876122027 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 1876122027 BAB V.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8176122027 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8176122027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk : (1) mengetahui hasil belajar geografi yang
dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL dan STAD, (2) mengetahui hasil
belajar geografi yang memiliki gaya kognitif independent, dan kognitif dependent
(3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan gaya kognitif.
Populasi dalam penelitian ini adalah XI IPS SMA N 2 Percut Sei Tuan.
Sedangkan sampel berjumlah 2 kelas yang diambil dengan menggunakan cluster
random sampling. Statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hipotesis
penelitian di uji dengan menggunakan ANAVA 2 jalur. Hasil pengujian hipotesis
menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar dengan model pembelajarn PBL lebih
tinggi dibandingkan dengan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD
( 94,66 > 4,01 ;ᾳ = 0,05); (2) siswa yang mamiliki gaya kognitif Field
Independent memperoleh hasil belajar geografi yang lebih tinggi dibandingkan
dengan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent (36,93); (3)terdapat
interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar
geografi yaitu 5,91> 4,01. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran PBL lebih baik dibandingkan dengan STAD. Kemudian
siswa yang mempunyai gaya kognitif field independent memperoleh hasil belajar
lebih baik dibandingkan siswa yang mempunyai gaya kognitif field dependent.
Dari hasil tersebut diketahui maka model pembelajaran PBL lebih baik digunakan
pada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dan model STAD lebih
baik digunakan pada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.9 Sin p
Keywords: problem based learning, STAD dan gaya kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Jan 2020 06:41
Last Modified: 29 Jan 2020 06:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37483

Actions (login required)

View Item
View Item