PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD NEGERI 040444 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Tarigan, Monica Agita (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD NEGERI 040444 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 8176182035 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 8176182035 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 8176182035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 NIM 8176182035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 8176182035 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3 NIM 8176182035 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 8176182035 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4 NIM 8176182035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 8176182035 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 NIM 8176182035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 8176182035 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6 NIM 8176182035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 8176182035 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7 NIM 8176182035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM 8176182035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8 NIM 8176182035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM 8176182035 BAB I.pdf]
Preview
Text
9 NIM 8176182035 BAB I.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 8176182035 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 8176182035 BAB V.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 8176182035 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 NIM 8176182035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: hasil belajar PPKn siswa yang
diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada hasil
belajar PPKn siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori, hasil
belajar PPKn siswa yang memiliki interaksi sosial kooperatif lebih tinggi daripada
hasil belajar PPKn siswa yang memiliki interaksi sosial kompetitif; dan interaksi
antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan interaksi sosial terhadap hasil
belajar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 040444 Kabanjahe,
sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A sebanyak 35 orang
dan siswa kelas V-B sebanyak 35 orang. Instrumen terdiri dari tes hasil belajar
berupa tes pilihan ganda dan angket interaksi sosial. Analisis data menggunakan
anava dua jalur dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 25 dan Excel 2013.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan
dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 82.26 lebih
tinggi daripada rata-rata hasil belajar PPKn dengan menggunakan model
pembelajaran ekspositori sebesar 77, hasil belajar siswa yang memiliki interaksi
sosial kooperatif memiliki rata-rata sebesar 89.49 dan hasil belajar siswa yang
memiliki interaksi sosial kompetitif rata-rata 88.2, dan terdapat interaksi sosial
antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan interaksi sosial dalam
mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.2 Tar p
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Interaksi Sosial, Hasil Belajar PPKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3602 School life. Student manners and customs
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Dec 2019 09:18
Last Modified: 03 Dec 2019 09:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37279

Actions (login required)

View Item
View Item