PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS VII SMP NEGERI 11 MEDAN T.A. 2018/2019

SIREGAR, NURUL HAZIZAH (2019) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS VII SMP NEGERI 11 MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 4131111032. COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4131111032. COVER.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4131111032. APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4131111032. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4131111032. ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4131111032. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4131111032. PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4131111032. PREFACE.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4131111032. TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4131111032. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4131111032. ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4131111032. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4131111032. TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4131111032. TABLES.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4131111032. APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4131111032. APPENDICES.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4131111032. CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4131111032. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (881kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4131111032. CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4131111032. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4131111032. BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4131111032. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan mengguanakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share pada materi Pecahan di kelas VII SMP Negeri 11 Medan T.A 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 11 Medan yang terbagi dalam 7 kelas. Kemudian yang menjadi sampel penelitian adalah dua kelas yang terpilih dengan teknik random sampling yaitu kelas VII-1 menjadi kelas eksperimen I yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran PBM dan kelas VII-2 menjadi kelas eksperimen II belajar dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data menggunakan uji F. Setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata posttest adalah 80,4 sedangkan pada kelas eksperimen II nilai rata-rata posttest adalah 74,1333. Setelah diuji terbukti data berdistribusi normal dan homogen. Setelah data terbukti berdistribusi normal dan homogen dilakukan uji hipotesis untuk menjawab hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Dari hasil uji hipotesis diperoleh ( ) (1,671) maka ditolak dan diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share di kelas VII SMP Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 MAT 193
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 14 Nov 2019 11:29
Last Modified: 16 Dec 2019 03:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36641

Actions (login required)

View Item
View Item