PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN MODEL SCIENTIFIC INQUIRY DENGAN MEDIA ALGODOO DAN ADVERSITY QUOTIENT PADA SISWA SMA

Siregar, Evitamala (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN MODEL SCIENTIFIC INQUIRY DENGAN MEDIA ALGODOO DAN ADVERSITY QUOTIENT PADA SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176175006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176175006 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176175006 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176175006 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176175006 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176175006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176175006 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176175006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176175006 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176175006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176175006 DAFTAR  ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176175006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176175006 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176175006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176175006 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176175006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176175006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176175006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8176175006 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8176175006 BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176175006 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176175006 BAB V.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8176175006 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8176175006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (686kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan
proses sains siswa yang diajarkan menggunakan model scientific inquiry dengan
media Algodoo dan adversity quotient. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi
eksperimen dengan menggunakan two group pretest-posttest design. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu sebanyak 2 kelas.
Kelas X-MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model
Scientifiq Inquiry dengan media Algodoo terdiri dari 35 siswa, kelas X-MIA 2
sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional terdiri
dari 34 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes essay keterampilan
proses sains dan Adversity Quotient dengan daftar pernyataan angket. Data
dianalisis menggunakan two ways anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
peningkatan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan menggunakan model
Scientific Inquiry dengan media Algodoo lebih baik daripada keterampilan proses
sains siswa dengan pembelajaran konvensional, peningkatan keterampilan proses
sains yang mempunyai Adversity Quotient yang lebih tinggi (AQ tipe climbers)
lebih baik dari siswa yang mempunyai Adversity Quotient yang lebih rendah (AQ
tipe campers), ada interaksi antara model Scientific Inquiry dengan media
Algodoo dan Adversity Quotient siswa dalam meningkatkan keterampilan proses
sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.71 Sir p
Keywords: Model Scientifiq Inquiry, Media Algodoo, Adversity Quotient, Keterampilan Proses Sains.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Sep 2019 02:32
Last Modified: 25 Sep 2019 02:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36131

Actions (login required)

View Item
View Item