PENGARUH HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN MEDIA REAL LAB DAN MEDIA VIRTUAL LAB PADA MATERI TITRASI ASAM-BASA DI MAN 1 MEDAN

PRABOWO, ARIF (2018) PENGARUH HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN MEDIA REAL LAB DAN MEDIA VIRTUAL LAB PADA MATERI TITRASI ASAM-BASA DI MAN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4141131002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4141131002 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4141131002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4141131002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4141131002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4141131002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4141131002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4141131002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4141131002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4141131002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4141131002 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4141131002 TABLES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4141131002 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4141131002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4141131002 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4141131002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4141131002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4141131002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4141131002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4141131002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4141131002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4141131002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan media Real Lab dan Virtual lab dan untuk mengetahui korelasi antara hasil belajar dengan media real lab dan virtual lab terhadap keaktifan belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA MAN 1 Medan yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelian adalah dua kelas
yang berjumlah 30 siswa yang di ambil dengan teknik puposive sampling yaitu kelas eksperimen 1 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan media Virtual lab dan kelas ekperimen 2 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan media Real Lab. Instrumen penelitian adalah tes dan non-tes. Tes objektif berupa pilihan berganda berjumlah 20 soal yang sudah diuji validitas, reliabilitas, tingkat
keesukaran, dan daya pembeda untuk data hasil belajar kimia siswa. Instrumen non-tes adalah lembar observasi keaktifan belajar siswa. hasil uji hipotesis I dengan analisis uji t dua pihak menunjukkan thitung > ttabel (2,67>2,39), berarti Ho di tolak dan Ha diterima yaitu hasi belajar dengan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dengan media Virtual lab memiliki perbedaan yang signifikan dengan media real lab. Hasil uji hipotesis II dengan analisis korelasi
menunjukkan rhitung > rtabel (0,55 > 0,361) maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya hasil belajar dengan media virtual lab memiliki korelasi yang signifikan dengan keaktifan belajar siswa. Hasil uji hipotesis III dengan analisis korelasi menunjukkan rhitung > rtabel (0,49 > 0,361) maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya hasil belajar dengan media real lab memiliki korelasi yang signifikan dengan keaktifan belajar siswa. Rata-rata nilai keaktifan siswa kelas eksperimen 1 yaitu 72,67 dan kelas eksperimen 2 yaitu 74,89.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 KIM 148
Keywords: PjBL, virtual lab, real lab, hasil belajar, keaktifan siswa, titrasi asam basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 14:28
Last Modified: 16 Apr 2019 07:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34095

Actions (login required)

View Item
View Item