PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN MOTIOVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA POKOK BAHASAN KINETIKA KIMIA

Nurhafni (2011) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN MOTIOVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA POKOK BAHASAN KINETIKA KIMIA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1-809425011 Pengantar.pdf]
Preview
Text
1-809425011 Pengantar.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 2-809425011 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2-809425011 Abstrak.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 3-809425011 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3-809425011 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 4-809425011 Bab I.pdf]
Preview
Text
4-809425011 Bab I.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 5-809425011 Bab V.pdf]
Preview
Text
5-809425011 Bab V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 6-809425011 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6-809425011 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ranah kognitif yang terkembangkan pada mahasiswa setelah dibelajarkan dengan multimedia; (2) perbedaan hasil belajar mahasiswa yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan multimedia dart hasil belajar mahasiswa yang diajarkan tanpa multimedia; (3) pengaruh motivasi belajar mahasiswa yang diajarkan menggunakan multimedia terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 97 mahasiswa semester I Universitas Negeri Medan sebagai sampel yang terdiri dari 52 mahasiswa Jurusan Kimia dan 45 mahasiswa jurusan Matematika. Instrumen penelitian terdiri dari tes hasil belajar sebanyak 25 butir soal dan angket motivasi sebanyak 20 butir pemyataan yang diisi oleh mahasiswa.Analisis inferensial data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 17.0. Untuk pengujian perbedaan hasil belajar digunakan independent sample t-test dan untuk pengaruh motivasi belajar dengan hasil belajar digunakan analisis regresi liner. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan ranah kognitif yang terkembangkan setelah pembelajaran dengan menggunakan multimedia.Hasil dan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) rang) kognitif yang lebih terkembangkan pada mahasiswa setelah mendapat pembelajaran dengan menggunakan multimedia adalah ranah kognitif pada tingkat aplikasi dan analisis; (2) hasil belajar kelompok mahasiswa yang diajarkan dengan multimedia lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelompok mahasiswa yang diajarkan tanpa multimedia; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi dengan basil belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan multimedia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 541.394 071 Nur p
Keywords: Belajar;Motivasi;Kimia;Chemical Kinetics;Kinetika;Multimedia;
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 15 Apr 2016 03:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3198

Actions (login required)

View Item
View Item