MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED BAGI SISWA SMP NEGERI 15 MEDAN T.A. 2018/2019

Barus, Elvina Br. (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED BAGI SISWA SMP NEGERI 15 MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4141111012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4141111012 COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4141111012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4141111012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4141111012 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4141111012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4141111012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4141111012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4141111012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4141111012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4141111012 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4141111012 TABLES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4141111012 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4141111012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4141111012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4141111012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (667kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4141111012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4141111012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4141111012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4141111012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematik siswa dengan menerapkan pendekatan open-ended pada materi sistem
persamaan linear dua variabel di kelas VIII-2 SMP Negeri 15 Medan. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas VIII-2 SMP Negeri 15 Medan T.A 2018/2019 yang berjumlah 36 orang.
Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematik siswa
dengan pendekatan open-ended pada materi sistem persamaan linear dua variabel.
Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I, melalui
pemberian tes keampuan pemecahan masalah diperoleh 12 dari 36 siswa (33,33%)
telah mencapai ketuntasan belajar (≥ 75) sedangkan 24 siswa lainnnya (66,67%)
belum mencapai nilai ketuntasan. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka
persentase ketuntasan ini belum memenuhi. Pada siklus I diperoleh hasil tes
kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada setiap aspek yang diteliti
yaitu aspek memahami masalah skor rata-rata siswa 90,63 (sangat tinggi), aspek
merencanakan penyelesaian masalah skor rata-rata siswa 75,69 (sedang), aspek
menyelesaikan penyelesaian masalah skor rata-rata siswa 60,59 (rendah), dan
aspek memeriksa kembali skor rata-rata siswa 54,86 (sangat rendah). Setelah
pemberian tindakan pada siklus II, melalui pemberian tes kemampuan pemecahan
masalah diperoleh 36 dari 36 siswa (100%) telah berhasil mencapai nilai
ketuntasan belajar (≥ 75). Terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebesar
66,67%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini
sudah memenuhi. Pada siklus II diperoleh hasil tes kemampuan pemecahan
masalah matematik siswa pada setiap aspek yang diteliti yaitu aspek memahami
masalah skor rata-rata siswa 97,57 (sangat tinggi), aspek merencanakan
penyelesaian masalah skor rata-rata siswa 91,32 (sangat tinggi), aspek
menyelesaikan penyelesaian masalah skor rata-rata siswa 85,24 (tinggi), dan
aspek memeriksa kembali skor rata-rata siswa 82,41 (tinggi). Nilai rata-rata tes
pada siklus I yaitu 68,54 dan pada siklus II meningkat menjadi 88,35.
Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa pendekatan Open-Ended dapat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada materi
sistem persamaan linear dua variabel bagi siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 15
Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 204
Keywords: pemecahan masalah matematik, pendekatan open-ended, SPLDV
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 03 Dec 2018 09:40
Last Modified: 03 Dec 2018 08:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31318

Actions (login required)

View Item
View Item