PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN PBM BERBASIS BUDAYA ACEH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF EFFICACY SISWA MTsS ULUMUDDIN

Akhyar, Muhammad (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN PBM BERBASIS BUDAYA ACEH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF EFFICACY SISWA MTsS ULUMUDDIN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146171035 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146171035 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146171053 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146171053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (592kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146171035 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146171035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146171053 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146171053 PREFACE.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146171035 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146171035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146171053 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146171053 TABLES.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146171053 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146171053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146171035 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146171035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (829kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8146171035 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8146171035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146171053 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146171053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Validitas perangkat PBM-BBA
yang dikembangkan; 2) Kepraktisan Perangkat PBM-BBA yang dikembangkan;
3) Efektivitas perangkat PBM-BBA yang dikembangkan; 4) Peningkatan
kemampuan pemahaman konsep siswa MTsS Ulumuddin dengan menggunakan
perangkat PBM-BBA yang dikembangkan; 5) Peningkatan self efficacy siswa
MTsS Ulumuddin dengan menggunakan perangkat PBM-BBA yang
dikembangkan; 6) Jenis kesalahan penyelesaian jawaban siswa dalam
menyelesaikan soal kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap
pertama pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah menggunakan
model pengembangan Four-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat
pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan di kelas VIII-1 dan kelas
VIII-2 MTsS Ulumuddin. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1)
Perangkat PBM-BBA yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas
RPP = 4,6, buku siswa = 4,5, LAS = 4,6; 2) Perangkat PBM-BBA yang
dikembangkan praktis, ditinjau dari: a) penilaian ahli/praktisi perangkat
pembelajaran yang dikembangkan tersebut dinyatakan dapat diterapkan; b) hasil
pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah memenuhi kategori
sangat tinggi dan lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah
dapat dikatakan baik; 3) Perangkat PBM-BBA yang dikembangkan efektif,
ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan
pembelajaran; dan c) Waktu pembelajaran; 4) Peningkatan pemahaman konsep
siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan PBM berbasis
budaya Aceh yang dikembangkan; 5) Peningkatan self efficacy siswa dengan
menggunakan perangkat PBM-BBA yang dikembangkan; 6) Terdapat 5 jenis
kesalahan yang sering dilakukan siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Akh p
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model 4-D, PBM-BBA, Kemampuan Pemahaman Konsep, Self Efficacy Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Nov 2018 07:02
Last Modified: 15 Nov 2018 07:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31270

Actions (login required)

View Item
View Item