PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SQR3 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI DI SMP NEGERI 37 MEDAN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Lumban Tobing, Hotmerlan (2009) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SQR3 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI DI SMP NEGERI 37 MEDAN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500061188230034 Abstrak.pdf]
Preview
Text
1500061188230034 Abstrak.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 1500061188230034 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1500061188230034 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[thumbnail of 1500061188230034 Daftar si.pdf]
Preview
Text
1500061188230034 Daftar si.pdf - Published Version

Download (590kB) | Preview
[thumbnail of 1500061188230034 Bab I.pdf]
Preview
Text
1500061188230034 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500061188230034 Bab V.pdf]
Preview
Text
1500061188230034 Bab V.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of 1500061188230034 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
1500061188230034 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan sebagai upaya untuk menemukanapakah penerapan strategi pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan hasil belajarsiswa. Subjek penelitian ini adalah tigapuluh sembilan siswa tingkat IX-1 dandibantu oleh dua orang partisipan.Pengumpulan data dilakukan dengan: 1) tes tertulis untuk hasil belajar, 2)wawancara untuk memperoleh tanggapan guru dan siswa tentang strategipembelajaran yang diterapkan, dan 3) observasi dilakukan pada setiap tindakanuntuk memperoleh data tentang aktifitas guru dan siswa yang berkembang selamapembelajaran berlangsung. Pengolahan data dilakukan dengan analisis deskriptifmenggunakan perhitungan persentase (%)Hasil penelitian menunjukkan: 1) pembelajaran pada siklus pertama secaraproses maupun hasil tidak menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan rata-rata(63.59%), 2) pembelajaran pada siklus kedua berdasarkan proses dan hasilmenunjukkan hasil belajar dengan rata-rata (77.99%), dan 3) perubahan hasil belajarantara siklus pertama dan siklus kedua diukur dengan menggunakan ttes danhasilnya 6.050, dan ttabel adalah 1.684.Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategipembelajaran SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar IPS Ekonomi siswa danmembuat siswa lebih aktif belajar sendiri. Implikasinya diharapkan guru-guru dapatmenerapkan strategi pembelajaran SQ3R, tetapi penerapannya membutuhkanpengembangan dan inovasi. Disarankan guru-guru seharusnya mencoba menerapkanstrategi pembelajaran SQ3R untuk materi pengajaran yang lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.236 Tob p
Keywords: Belajar Siswa; Strategi Ekonomi; Guru
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 09 May 2016 21:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3015

Actions (login required)

View Item
View Item