PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 JANGKA KEC. JANGKA KAB. BIREUEN

Shabri, Mulia (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 JANGKA KEC. JANGKA KAB. BIREUEN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. COVER.pdf]
Preview
Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 02. PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
02. PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[thumbnail of 03. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 04. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 05. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 06. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
06. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 07. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
07. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 08. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
08. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 09. BAB I.pdf]
Preview
Text
09. BAB I.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview

Abstract

Penelitian Pengembangan perangkat pembelajaran IPS berbasis model pembelajaran
Examples Non Examples bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pelaksanaan
perangkat pembelajaran IPS berbasis model Examples Non Examples untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 1 Jangka Kec.
Jangka Kab. Bireuen. Pengembangan model pembelajaran dalam penelitian ini
menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang
telah dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran
berbasis model Examples Non Examples telah memenuhi kriteria kevalidan. Kriteria
kevalidan terlihat dari hasil analisis kevalidan perangkat pembelajaran IPS yang
memenuhi kriteria valid. Selanjutnya berdasarkan hasil yang diperoleh dilapangan
mulai dari data kegiatan guru, data kemampuan berpikir kritis siswa, data respon
siswa, serta data hasil belajar siswa, maka terjadi peningkatan presentase pada tiap
data dilapangan dari tahap simulasi kemudian menjadi meningkat presentasenya
pada tahap uji coba lapangan. Hasil penelitian pada tahap uji coba lapangan
menunjukkan: (1) Terjadi peningkatan kegiatan guru pada setiap pertemuan,
pertemuan pertama mendapatkan 79%, pertemuan kedua meningkat menjadi 85%,
pertemuan ketiga meningkat menjadi 94%, dan pada pertemuan yang keempat juga
meningkat menjadi 96%; (2) Hasil pada kemampuan berpikir kritis siswa
menunjukkan pada pertemuan pertama mendapatkan presentase 82%, pada pertemuan
kedua, ketiga, dan keempat diperoleh presentase yang sempurna dengan presntase
100%; (3) Hasil respon siswa menunjukkan bahwa tidak ada siswa yang memilih
jawaban STS (Sangat Tidak Setuju) dan TS (Tidak Setuju) di tahap simulasi maupun
tahap uji coba lapangan. Semua siswa hanya memilih jawaban S (Setuju) dan SS
(Sangat Setuju) baik di tahap simulasi maupun tahap uji coba lapangan; (4) Hasil
belajar siswa pada tahap uji coba lapangan diperoleh presentase 88%. Dapat
disimpulkan bahwa terjadi peningkatan presentase pada tiap data dilapangan dan
penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.36 Sha p
Keywords: Model Pembelajaran, Media, Pembelajaran Examples
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Apr 2018 02:05
Last Modified: 20 Apr 2018 02:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29904

Actions (login required)

View Item
View Item