PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ASSISI MEDAN T.A 2017/2018

BR SEMBIRING, SRI WULAN SARI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ASSISI MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1133113029_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1133113029_COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1133113029_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1133113029_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1133113029_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1133113029_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1133113029_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1133113029_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1133113029_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1133113029_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1133113029_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1133113029_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (3kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1133113029_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1133113029_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (3kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1133113029_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1133113029_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1133113029_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1133113029_BAB I.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1133113029_BAB II.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1133113029_BAB II.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 1133113029_BAB III.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 1133113029_BAB III.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1133113029_BAB IV.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1133113029_BAB IV.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1133113029_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1133113029_BAB V.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1133113029_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1133113029_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 1133113029_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 1133113029_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan sosial emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap kemampuan sosial-emosional anak
usia 5-6 tahun di TK Assisi Medan T.A 2017/2018.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh Kelompok B yang ada di TK Assisi
Medan yang berjumlah 110 anak. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sampel secara acak dengan undian. Pengambilan pertama yakni memilih kelas eksperimen dan kelas Kontrol dengan pengundian 2 dari 5 kelas . pengambilan pertama terambil satu kelas secara acak yaitu kelas eksperimen dan pengambilan kedua terambil satu kelas secara acak yakni kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen 25 orang anak dilakukan model pembelajaran Numbered Heads Together dan pada kelas kontrol dengan 25 orang anak dilakukan pembelajaran model demonstrasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa anak kelas eksperimen memiliki nilai terendah 6, nilai tertinggi 12 dan nilai rata-rata 10,4 yang lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yang memiliki nilai terendah 4 dan nilai tertinggi 11 dengan rata-rata 7,84. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan sosial emosional anak pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan anak kelas kontrol. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai = 4,76; nilai ini dibandingkan dengan nilai dengan (dk = + ) – 2 = 48 dan taraf α = 0.05). Nilai dengan taraf α = 0.05 diperoleh 1,694. Sehingga dapat disimpulkan ˃ atau 4,76 ˃ 1,694. Dengan demikian hipotesis ditolak dan diterima, sehingga dapat dinyatakan “Ada pengaruh signifikan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Assisi Medan T.A 2017/2018”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PAUD 007
Keywords: NUMBERED HEADS TOGETHER
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Mar 2018 15:48
Last Modified: 19 Jan 2023 06:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29472

Actions (login required)

View Item
View Item