PENGARUH PEMBERIAN IMBALAN, SUPERVISI PENGAJARAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU STUDI KAUSAL DI SMA NEGERI KABUPATEN DELI SERDANG

Nasution, Hamlan Panegoran (2010) PENGARUH PEMBERIAN IMBALAN, SUPERVISI PENGAJARAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU STUDI KAUSAL DI SMA NEGERI KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500081188130100 Abstrak.pdf]
Preview
Text
1500081188130100 Abstrak.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188130100 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1500081188130100 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (752kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188130100 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
1500081188130100 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188130100 Bab I.pdf]
Preview
Text
1500081188130100 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500081188130100 Bab V.pdf]
Preview
Text
1500081188130100 Bab V.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188130100 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
1500081188130100 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung pemberian imbalan terhadap kinerja Guru; (2) pengaruh langsung pemberian imbalan terhadap disiplin kerja guru; (3) pengaruh langsung supervisi pengajaran terhadap kinerja guru; (4) pengaruh langsung supervisi pengajaran terhadap disiplin kerja guru; dan (5) pengaruh langsung disiplin kerja terhadap kinerja guru.Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian expost facto dengan teknik Analisis Jalur/ Path Analysis. Populasi penelitian ini adalah guru SMA Negeri diKabupaten Deli Serdang sebanyak 88 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah kuesioner skala Likert.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengaruh langsung pemberian Imbalan (X1) terhadap kinerja guru (X4) sebesar 0,164 = 16,4 %, hal ini terlihat pada nilai Sig. 0,00 (0,00 < 0,05); (2) Pengaruh langsung supervisi pengajaran (X2) terhadap kinerja guru (X4) sebesar 0,209 = 20,9 %, hal ini terlihat pada nilai Sig. 0,00 (0,00 < 0,05); (3) Pengaruh langsung pemberian imbalan (X1) terhadap disiplin kerja (X3) sebesar 0,093 = 9,3 %; (4) Pengaruh langsung supervisi pengajaran (X2) terhadap disiplin kerja (X3) sebesar 0,419 = 41,9 %; (5) Pengaruh langsung disiplin kerja (X3) terhadap kinerja guru (X4) sebesar 0,113 = 11,3 %, hal ini terlihat pada nilai Sig. 0.00 (0,04 <0,05).Berdasarkan besamya sumbangan yang diberikan oleh masing-masingVariabel maka dalam hal ini penulis memberikan beberapa hal yang hams digaris bawahi dan diperhatikan oleh pars pelaksana institusi Pendidikan, Dinas Pendidikan serta organisasi dan Yayasan yang bergerak dalam Pendidikan agar Memperhatikan dan memildrIcan perbaikan sistem pemberian Imbalan kepada Guru balk yang bersifat materi maupun non materi . Khusus non materi yang sering terabaikan seperti bagi Guru PNS misalnya seyogyanya guru dalam mengurus Gaji berkala dan kenaikan pangkat kiranya secara otomatis diusulkan oleh Kepala Sekolah ke Dinas tanpa dikenakan biaya serta lain sebagainya. Dalam Pelaksanaan Supervisi Pengajaran baik yang bersifat internal dan eksternal hams tents dilaksanakan tetapi yang bersifat pembinaan dan memberikan bantuan kepada guru tentang kompetensi yang masih ditasa kurang oleh guru dalam pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar di kelas.Berdasarkan hasil penelitian ini Supervisi Pengajaran yang paling besar memberikan sumbangan terhadap disiplin guru. Peningkatan disiplin Kerja Guru juga hams ditingkatkan dan dilaksanakan terus sebagai upaya peningkatan kinerja guru yang pads akhirnya peningkatan mutu Lulusan dan Pendidikan baik dari segi output maupun outcome.Kepada guru-guru khususnya PNS agar terus meningkatkan kinerjanya dengan imbalan yang diterimanya serta Bantuan lainnya.yang telah diperhatikan oleh pemerintah melalui APBN yang sudah hampir direalisasikan mendekati 20% dan benar-benar menjadi guru yang profesional, pandai bersyukur serta terus meningkatkan kompetensi kepribadian, pedagogik, sosial dan profesional melalui sistem imbalan yang diterima, supervisi pengajaran rime dilaksanakan serta Pelaksanaan disiplin. Kepada pars pembaca dan peneliti lain lciranya dapat terus meneliti hal ini untuk terus dapat melakukan perbaikan¬perbaikan yang bersifat membangun dan meningkatkan mutu pendidikan bangsa ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.238 Nas p
Keywords: Guru; Supervisi pengajaran; Disiplin kerja; Pemberian imbalan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 27 Apr 2016 19:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2943

Actions (login required)

View Item
View Item