PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN COGNITIVE-BEHAVIOUR THERAPY TERHADAP PENGURANGAN KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 27 MEDAN T.A. 2017/2018

Misdarwani (2017) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN COGNITIVE-BEHAVIOUR THERAPY TERHADAP PENGURANGAN KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 27 MEDAN T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1133351052_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1133351052_COVER.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1133351052_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1133351052_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1133351052_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1133351052_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1133351052_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1133351052_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1133351052_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1133351052_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1133351052_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1133351052_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1133351052_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1133351052_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1133351052_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1133351052_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1133351052_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1133351052_BAB I.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1133351052_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1133351052_BAB V.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1133351052_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1133351052_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan
konseling kelompok pendekatan cognitive-behaviour therapy terhadap
pengurangan kejenuhan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 27 Medan Tahun
Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis
quasi experimental dan desain pretest-postest one group design. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IX. Sampel ditarik dengan menggunakan metode
purposive sampling sebanyak 10 orang yang berasal dari kelas IX-9. Data
penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan skala kejenuhan belajar
berjumlah 36 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data
dianalisis menggunakan uji wilcoxon. Dari analisis data diperoleh j hitung = 10
dengan  = 0,05, adapun j tabel = 8. Dari data tersebut terlihat bahwa jhitung > jtabel
dimana 10 > 8 artinya hipotesis diterima. Data pretest kejenuhan belajar diperoleh
skor rata-rata 117,8 , sedangkan data postest kejenuhan belajar diperoleh skor
rata-rata sebesar 84,7. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan
konseling kelompok pendekatan cognitive-behaviour therapy lebih rendah
kejenuhan belajarnya dari pada sebelum mendapat layanan konseling kelompok
pendekatan cognitive-behaviour therapy. Layanan konseling kelompok
pendekatan cognitive-behaviour therapy memberikan kontribusi sebesar 39%
terhadap pengurangan kejenuhan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 27 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BK 064
Keywords: Kejenuhan Belajar, Konseling Kelompok, Pendekatan Cognitive Behaviour Therapy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2017 15:37
Last Modified: 08 Dec 2017 07:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27631

Actions (login required)

View Item
View Item