PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (AKS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH DI KELAS X JURUSAN TITL SMK NEGERI 2 SIATAS BARITA TAHUN AJARAN 2016/2017

Sitohang, Lidya Nurani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (AKS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH DI KELAS X JURUSAN TITL SMK NEGERI 2 SIATAS BARITA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 5133331003 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 5133331003 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 5133331003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 5133331003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 5133331003 ABSTRACT ID.pdf]
Preview
Text
03. NIM 5133331003 ABSTRACT ID.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 5133331003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM 5133331003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 5133331003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM 5133331003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 5133331003 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
06. NIM 5133331003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 5133331003 TABLES.pdf]
Preview
Text
07. NIM 5133331003 TABLES.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 5133331003 APPENDICS.pdf]
Preview
Text
08. NIM 5133331003 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 5133331003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM 5133331003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5133331003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5133331003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5133331003 CHAPTER BIBLOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5133331003 CHAPTER BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing pada kompetensi dasar menganalisis rangkaian listrik arus searah di Kelas X Jurusan TITL SMK Negeri 2 Siatas Barita, 2) Hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori pada kompetensi dasar menganalisis rangkaian listrik arus searah di Kelas X Jurusan TITL SMK Negeri 2 Siatas Barita, 3) Hasil belajar siswa yang diajar dengan mengunakan model pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori pada kompetensi dasar menganalisis rangkaian listrik arus searah di Kelas X Jurusan TITL SMK Negeri 2 Siatas Barita. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Jurusan TITL SMK Negeri 2 Siatas Barita Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan TITL SMK Negeri 2 Siatas Barita, yaitu kelas X TITL 1 dan X TITL 2 dengan jumlah seluruh siswa 51 orang. Sampel yang digunakan adalah X TITL 2 sebagai kelas eksperimen dan X TITL 1 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data hasil post-test yang diperoleh pada kelas eksperimen, X ̅ = 80,14 dan Sd = 14,44, sedangkan pada kelas kontrol X ̅ = 66,5 dan Sd = 19,553. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t, dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung = 2,96 dan ttabel = 1,677. Hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,96 > 1,677, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar siswa yang diajar dengan mengunakan model pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori pada kompetensi dasar menganalisis rangkaian listrik arus searah di Kelas X Jurusan TITL SMK Negeri 2 Siatas Barita Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 ELK 029
Keywords: Model pembelajaran; Rangkaian listrik arus searah; Hasil belajar kompetensi dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2896 Production of electricity by direct energy conversion
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 08 Sep 2017 10:00
Last Modified: 11 Sep 2017 03:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26114

Actions (login required)

View Item
View Item