PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN POKOK-POKOK BERITA YANG DIDENGAR MELALUI REKAMAN BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA TUNAS HARAPAN KEC. P.BATU TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Sitohang, Eva Catryn (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN POKOK-POKOK BERITA YANG DIDENGAR MELALUI REKAMAN BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA TUNAS HARAPAN KEC. P.BATU TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2123311026 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2123311026 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 2.  NIM 2123311026 APPROVAL.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2123311026 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2123311026 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2123311026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 4.  NIM 2123311026 APPROAL SHEET.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2123311026 APPROAL SHEET.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 5.  NIM 2123311026 TABLES OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2123311026 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2123311026 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2123311026 TABLES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2123311026 TABLES OF ENCLOSURE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2123311026 TABLES OF ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2123311026 CHAPTER  I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2123311026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 12.  NIM 2123311026  CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2123311026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2123311026  BIBLIOGRAFHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2123311026 BIBLIOGRAFHY.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran
STAD (Student Team Achievement Divisions) Terhadap Kemampuan Menemukan
Pokok-pokok Berita Yang Didengar Melalui Rekaman Berita Pada Siswa Kelas
VIII SMP Swasta Tunas Harapan sebanyak 147 orang dan pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik acak kelas, sehingga diperoleh sampel penelitian adalah
kelas VIIIa sebanyak 40 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
one group pre-test dan post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes
menemukan pokok-pokok berita yang didengar melalui rekaman berita. Nilai ratarata
sebelum perlakuan (pre-test) adalah 63,12, standar deviasi 11,93, dan standar
error 1,91 sedangkan nilai rata-rata setelah perlakuan adalah 76,25, standar deviasi
9,07, dan standar error 1,45. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai
rata-rata menemukan pokok-pokok berita yang didengar melalui rekaman berita
setelah menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement
Divisions) lebih tinggi daripada nilai sebelum menggunakan model pembelajaran
STAD (Student Team Achievement Divisions). Sebelum dilakukan pengujian
hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas
dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa data pre-test
dan post-test berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis thitung = 12,72
kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% = 2,64. Karena
thitung = 12,72> ttabel = 2,64 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif
(Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran STAD (Student
Team Achievement Divisions) mempengaruhi kemampuan Menemukan Pokokpokok
Berita Yang Didengar Melalui Rekaman Berita Pada Siswa Kelas VIII
SMP Swasta Tunas Harapan Kec. P.Batu Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 IND 180
Keywords: Model Pembelajaran STAD; Menemukan; Pokok-pokok Berita.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Nov 2016 02:25
Last Modified: 04 Nov 2016 02:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21135

Actions (login required)

View Item
View Item