ANALISA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP DAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KONSEP MOL

Nita, Novia (2016) ANALISA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP DAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4122131010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4122131010 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4122131010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4122131010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4122131010 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4122131010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4122131010  KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4122131010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4122131010 PERSEMBAHAN.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4122131010 PERSEMBAHAN.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4122131010 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4122131010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4122131010 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4122131010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4122131010 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4122131010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4122131010 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4122131010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 4122131010 BAB I.pdf]
Preview
Text
11. NIM 4122131010 BAB I.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4122131010 BAB V.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4122131010 BAB V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 16. NIM 4122131010 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
16. NIM 4122131010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4122131010 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4122131010 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan minat dan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri menggunakan media peta konsep dan Macromedia Flash pada pokok bahasan Konsep Mol; apakah ada korelasi yang signifikan antara minat dengan hasil belajar kimia siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri melalui media peta konsep dan Macromedia Flash; serta apakah ada perbedaan hasil belajar kimia dan minat belajar siswa yang diajarkan melalui Model Pembelajaran Inkuiri menggunakan media peta konsep dan Macromedia Flash akan dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan semester II T.A. 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan yang terdiri dari 3 (tiga) kelas. Sampel ditetapkan dengan teknik sampling purposif yang karakteristik populasinya harus tercermin dalam sampel. Dari ketiga kelas diambil dua kelas yang akan dijadikan sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode true eksperimental. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 30 soal dan reliabel (0,880). Sedangkan, data untuk minat belajar siswa diperoleh melalui angket dengan menggunakan data instrumen yang telah valid. Berdasarkan analisis data SPSS, hasil penelitian data gain skor siswa kelas eksperimen I berdistribusi normal dengan nilai Sig.0,520 > 0,05, untuk kelas eksperimen II berdistribusi normal dengan nilai Sig. 0,723 > 0,05, dan data hasil belajar dinyatakan homogen dengan nilai Sig. 0,214 > 0,05 dan data minat belajar dinyatakan homogen dengan nilai Sig. 0,021 > 0,05. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis 1 nilai Sig. 0,000 < α 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis 2 nilai Sig. 0,000 < α 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis 3 dengan nilai Sig. 0,033 < α 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis 4 dengan nilai Sig. 0,252 > α 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hipotesis 5 dengan nilai Sig. 0,000 < α 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis 6 dengan nilai Sig. 0,000 < α 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 159
Keywords: Minat, Hasil Belajar; Macromedia Flash; Konsep Mol
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Oct 2016 04:57
Last Modified: 20 Oct 2016 04:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20710

Actions (login required)

View Item
View Item