PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DI SMP SWASTA AMPERA BATANG KUIS

Pasaribu, Mariani (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DI SMP SWASTA AMPERA BATANG KUIS. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8146171050 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8146171050 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8146171050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8146171050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8146171050 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8146171050 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8146171050 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8146171050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8146171050 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8146171050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8146171050 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8146171050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8146171050 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8146171050 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8146171050 BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8146171050 BAB I.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 8146171050 BAB  V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 8146171050 BAB V.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8146171050 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8146171050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS, (2) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan komunikasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS, (3)Untuk mengetahui bagaimana respon siswa pada model pembelajaran berbasi masalah, dan (4) Untuk mengetahui bagaimana respon siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B di SMP Swasta Ampera Batang Kuis berjumlah 54 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemahaman Konsep dan tes kemampuan komunikasi matematik yang berbentuk uraian. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien realibilitas 0,82526 untuk tes kemampuan pemahaman konsep dan 0,83356 untuk tes kemampuan komunikasi matematik. Penelitian ini menggunakan uji anakova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemamapuan pemahaman konsep matematik siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran berbasis masalah berbeda dengan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk Fhitung =27,10796 lebih besar Ftabel adalah 4,027 Konstanta persamaan regresi untuk model pembelajaran berbasis masalah yaitu 32,34 lebih besar dari model pembelajaran kooperatif tipe think pair share yaitu 26,378; (2) kemamapuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran berbasis masalah berbeda dengan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk Fhitung = 4,07055 lebih besar Ftabel adalah 4,027. Konstanta persamaan regresi untuk model pembelajaran berbasis masalah yaitu 36,063 lebih besar dari model pembelajaran kooperatif tipe think pair share yaitu 24,155; (3) respon siswa terhadap komponen dan proses pembelajaran yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) adalah positif; (4) respon siswa terhadap komponen dan proses pembelajaran yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) adalah positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Pas p
Keywords: Pembelajaran berbasis masalahl Think pair share; Kemampuan pemahaman konsep; Komunikasi matematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 05 Sep 2016 08:00
Last Modified: 05 Sep 2016 08:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17157

Actions (login required)

View Item
View Item