EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS KOLABORATIF DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

Sihombing, Marisah (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS KOLABORATIF DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (593kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Inquiry Training berbasis kolaboratif dan model pembelajaran Direct Instruction. 2) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dan sikap ilmiah rendah. 3) Untuk mengetahui apakah ada interaksi antara model pembelajaran inquiry training berbasis kolaboratif, model direct instruction dan sikap ilmiah untuk meningkatkan hasil belajar. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluter random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Inquiry Training berbasis kolaboratif dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan model pembelajaran Direct Instruction. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen keterampilan proses sains dalam bentuk uraian sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. dan angket sikap ilmiah sebanyak 25 pertanyaan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika yang beraspek keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model pembelajaran inquiry training berbasis kolaboratif lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan Model pembelajaran Direct Instruction. Hasil belajar fisika yang beraspek keterampilan proses sains dengan sikap ilmiah tinggi lebih baik dibandingkan dengan sikap ilmiah rendah. Terdapat interaksi antara kedua model pembelajaran yaitu model pembelajaran inquiry training berbasis kolaboratif, model pembelajaran direct instruction dan tingkat sikap ilmiah terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Sih e
Keywords: Sikap ilmiah; Inquiry training; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 08 Apr 2016 03:30
Last Modified: 08 Apr 2016 03:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1576

Actions (login required)

View Item
View Item