PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Eviyana (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7123142019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7123142019 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7123142019 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7123142019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (674kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7123142019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7123142019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7123142019 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7123142019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7123142019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7123142019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7123142019 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7123142019 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7123142019 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7123142019 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7123142019 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7123142019 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7123142019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7123142019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7123142019 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7123142019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7123142019 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7123142019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi siswa kelas X AK SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan Media Pembelajaran Mind Map lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas X AK SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa yang beralamat di Jalan Pahlawan No. 28 Tanjung Morawa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa yaitu sebanyak 97 orang, dan Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling yaitu terdiri dari 2 kelas masing – masing berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test pilihan berganda berjumlah 20 soal yang langsung diambil dari buku teks sehingga validitas dan reliabilitas telah teruji. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menghitung nilai rata-rata, standard deviasi dan varians, uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas dan menghitung uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α = 0,05, maka hipotesis tidak dapat ditolak.
Dari hasil analisis data dan perhitungan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 45,4 dengan standar deviasi 8,88 dan nilai rata-rata postest yaitu sebesar 81,2 dengan standar deviasi 10,92. Dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 46,4 dengan standar deviasi 6,53 dan nilai rata-rata postest yaitu sebesar 71,4 dengan standar deviasi 9,41. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan = 0,05. Pada postest hasil belajar diperoleh thitung = 3,4 sedangkan ttabel = 1,678 dengan thitung > ttabel sehingga Ha tidak dapat di tolak.
Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan media pembelajaran Mind Map lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran konvensional Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 AKT 092
Keywords: Hasil Belajar Akuntansi; Media Pembelajaran;Konvensional
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Aug 2016 07:09
Last Modified: 29 Aug 2016 07:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14870

Actions (login required)

View Item
View Item