PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA 1 STABAT T.P 2013/2014

Susanto, Edi (2014) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA 1 STABAT T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (846kB) | Preview
[thumbnail of 10. BAB V.pdf]
Preview
Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 11. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi kalor. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Peminatan MIPA SMA Negeri 1 Stabat T.P 2013/2014. Sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas X-PIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-PIA 4 sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan adalah test yang berjumlah 10 soal.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 43,81 dan nilai rata-rata kelas kontrol 44,05. Kedua kelas berdistribusi normal, dan berasal dari kelompok yang homogen. Dari hasil uji beda disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model problem based learning dan kelas kontrol dengan model konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 80,05 dan kelas kontrol 68,81. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung = 4,55 dan ttabel = 1,668, karena thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi kalor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 536.107 12 Sus p
Keywords: aktivitas belajar; hasil belajar; Problem Based Learning; kalor; perubahan wujud; kalor uap; asas black; konduksi; konveksi; radiasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 14 Oct 2016 03:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11504

Actions (login required)

View Item
View Item