PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN HIDROKARBON DI MAN 1 MEDAN

Silaban, Duma Risma (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN HIDROKARBON DI MAN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408131045 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131045 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131045 BAB I.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131045 BAB V.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131045 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui pengaruh penerapan koaborasi model pembelajaran Quantum Teaching dengan Snowball Throwing terhadap peningkatan hasi belajar siswa kelas X MAN 1 MEDAN. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 MEDAN. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yang diambi secara purposive sampling , dimana kelas eksperimen dengan penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Snowball Throwing dan kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran konvensional. Instrument yang digunakan pada penelitian adalah tes objektif 20 soal dari 40 soal yang telah diuji validitasnya. Data penelitian diawali dengan uji normalitas pada kedua kelas dan dianjutkan dengan uji homogenitas. Dengan data yang normal dan homogen diakukan uji statistik dengan uji t (uji pihak kanan) pada tariff signifikan α = 0.05 diperoleh, thitung > ttabel (21,30 > 1,697) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan penerapan model pembelajaran kolaborasi Quantum Teaching dan Snowball Throwing pada pembelajaran Hidrokarbon lebih tinggi dari pada penerapan model pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 41.02 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kontrol, yaitu 25.26. peningkatan hasil belajar kelas eksperimen adalah 40% dan kelas kontrol adalah 24%. Jadi perbedaan peningkatan hasil belajar kedua kelas sebesar 16%. Begitu juga dengan aktivitas di kelas, berdasarkan data yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas, didapat bahwa terdapat korelasi atau hubungan antara aktivitas dan hasil belajar sis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSinaga, Marudut19630216 199603 1 001
Call Number: 540.071 Kimia; Dasar
Keywords: Belajar;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9975

Actions (login required)

View Item View Item