PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS XI SEMESTER I MAN SIABU T.P 2012/2013

Lubis, Syofiah (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS XI SEMESTER I MAN SIABU T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408321054 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321054 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321054 BAB I.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321054 BAB V.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321054 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan Penelitian pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas XI Semester I MAN Siabu T.P 2012/2013 dengan tujuan mengetahui adanya pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswaJenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MAN Siabu T.P yang berjumlah 2012/2013 yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang terdiri dari 5 pilihan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 30,47 dengan simpangan baku 8,74 dan nilai rata-rata kelas kontrol 29,50 dengan simpangan baku 8,02. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1447 dan Ltabel = 0,1661, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1549 dan Ltabel = 0,1566, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,19 dan Ftabel = 1,80 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan &#945; = 0,05 diperoleh thitung = - 0,47 dan ttabel = 2,00, sehingga thitung < ttabel maka Ho diterima, maka tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, dengan demikian kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama, kemudian diberi perlakuan yang berbeda. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,47 dengan simpangan baku 9,62 dan kelas kontrol 65,83 dengan simpangan baku 7,20. Hasil uji t diperoleh thitung = 4,45 maka dan ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian ada pengaruh model Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas XI MAN Siabu T.P 2011/2012. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 69,89 termasuk kategori cukup baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Rahmatsyah196602021994031006
Call Number: 510.071 Lub p
Keywords: Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar Siswa; Usaha dan Energi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9945

Actions (login required)

View Item View Item