PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGUKURAN DI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA METHODIST LUBUK PAKAM T.A. 2012/2013

Manurung, Jeniusman Binartua (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGUKURAN DI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA METHODIST LUBUK PAKAM T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408321031 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321031 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321031 BAB I.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321031 BAB V.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408321031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran di kelas X Semester I SMA Swasta Methodist Lubuk Pakam T.A. 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Methodist Lubuk Pakam T.P. 2012/2013, yang terdiri dari 4 kelas dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil secara cluster random sampling, sebagai kelas eksperimen yaitu kelas X-3 dan sebagai kelas kontrol yaitu kelas X-4 dengan jumlah siswa tiap kelas sebanyak 45 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Dari hasil analisis data pada kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 41,89 dengan standar deviasi 11,19, dan nilai rata-rata postest sebesar 74,67 dengan standar deviasi 8,21. Sedangkan pada kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 42,67 dengan standar deviasi 11,56, dan nilai rata-rata postest sebesar 64,44 dengan standar deviasi 8,67. Kedua sampel penelitian ini berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t nilai postes kedua sampel diperoleh thitung sebesar 5,74 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 88 dan harga ttabel sebesar 1,99. Dengan membandingkan antara thitung dan ttabel diperoleh thitung > ttabel atau 5,74 > 1,99, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran di kelas X SMA Swasta Methodist Lubuk Pakam T.A. 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinuraya, J.B196001301986011002
Call Number: 530.071 Man p
Keywords: Besaran; Satuan; Angka; Ketidakpastian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9923

Actions (login required)

View Item View Item